Kasus Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Kegiatan Bisnis



1.  Pendahuluan
     Dalam dunia bisnis yang sangat erat kaitannya dengan transaksi jual-beli, pemanfaatan teknologi informasi dapat dimanfaatkan  untuk sarana perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-dagang atau E-Commerce merupakan bagian dari E-Business, dimana cakupan E-Business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain tekonologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan jaringan (data bases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
 Kasus
     Saya sering melakukan pemesanan makanan melalui Go-Food. pemesanan ini dilakukan dengan aplikasi Gojek. Di menu Go-Food tersebut banyak dilampirkan restaurant yang ada disekitar tempat tinggal saya, bahkan yang diluar daerah tempat tinggal saya seperti didaerah Jakarta. Untuk sistem pembayarannya bisa secara langsung ataupun dengan Go Pay. Kemudian makanan pesanan saya akan diantar langsung setelah disajikan, waktu mengantarnya tergantung pada jarak antara lokasi restauran nya dengan tempat tinggal saya. Hal yang belakangan ini saya alami dalam proses mengantar makanannya, sangat lama dikarenakan hujan. Untuk pembayarannya saya sering membayar secara langsung dengan tambahan biaya antar sekitar Rp. 6000, (tergantung jarak mengantarnya).

2. Teori
     Menurut Post and Anderson (2000, p6) Teknologi Informasi mewakili aneka tipe dari perangkat keras dan piranti lunak yang digunakan dalam sistem informasi, termasuk peralatan komputer dan jaringannya. dengan TI diharapkan dapat membantu membuat keputusan lebih baik melalui penyediaan informasi yang berkualitas.
     Menurut O'Brien (1997,pp10-11) peranan sistem informasi dibagi 3 yaitu :
1. Mendukung operasi bisnis
Perusahaan menggunakan sistem informasi yang berbasis komputer untuk melakukan berbagai kegiatan antara lain untuk mencatat dan menyimpan data-data pembelian pelanggan, pembelian mesin-mesin baru dan mengevaluasi tren penjualan.
2. Mendukung Manajemen Dalam Pengambilan Keputusan
Sistem Informasi harus mendukung semua keputusan manajemen dalam mengambil keputusan.
3. Mendukung Keunggulan Kompetitif Yang Strategis
Strategi dalam informasi yang tepat akan mempermudah pelayanan kepada pelanggan sehingga dapat menyediakan produk dan jasa yang strategis, dan akan menambah keuntungan kompetitif bagi perusahaan dibandingkan dengan pesaingnya.

3. Analisis
      Bagi pihak konsumen, menggunakan E-Commerce dapat membuat waktu berbelanja menjadi singkat. Tidak ada lagi berlama-lama mengelilingi pusat pertokoan untuk mencari barang yang diinginkan. Selain itu, harga barang-barang yang dijual melalui E-Commerce biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan dengan toko konvensional. Online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan cara belanja yang konvensional. Selain bisa menjadi lebih cepat, di internet telah tersedia hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara lengkap. Seperti kasus diatas, membeli makanan tidak perlu lagi harus mencari atau harus menempuh jarak yang jauh, hanya dengan menggunakan aplikasi yang tersedia makanan yang dipesan akan datang langsung ke alamat yang tertera. sehingga tidak perlu menghabiskan waktu untuk pergi keluar. Harga yang tertera di aplikasi juga berbeda sedikit bila melakukan pemesanan makanan langsung kerestauran nya. Hanya perlu menambah sedikit biaya  untuk ongkos pengantaran makanan oleh driver Gojeknya saja.

4. Referensi
http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab2/2003-1-20046-SI%20bab%202.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Struktur Organisasi Pada PT. Gudang Garam Tbk.

Tugas Komunikasi Bisnis "Bedah IKlan"