Kasus Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Kegiatan Bisnis
1. Pendahuluan
Dalam dunia bisnis yang sangat
erat kaitannya dengan transaksi jual-beli, pemanfaatan teknologi informasi
dapat dimanfaatkan untuk sarana perdagangan secara elektronik atau
dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan,
pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau
televisi, www atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-dagang atau
E-Commerce merupakan bagian dari E-Business, dimana cakupan E-Business lebih
luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian
mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain tekonologi
jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan
jaringan (data bases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk
teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan
alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Kasus
Saya sering melakukan
pemesanan makanan melalui Go-Food. pemesanan ini dilakukan dengan aplikasi
Gojek. Di menu Go-Food tersebut banyak dilampirkan restaurant yang ada
disekitar tempat tinggal saya, bahkan yang diluar daerah tempat tinggal saya
seperti didaerah Jakarta. Untuk sistem pembayarannya bisa secara
langsung ataupun dengan Go Pay. Kemudian makanan pesanan saya akan diantar
langsung setelah disajikan, waktu mengantarnya tergantung pada jarak antara
lokasi restauran nya dengan tempat tinggal saya. Hal yang belakangan ini saya alami dalam proses mengantar makanannya, sangat lama dikarenakan hujan. Untuk pembayarannya saya
sering membayar secara langsung dengan tambahan biaya antar sekitar Rp. 6000,
(tergantung jarak mengantarnya).
2. Teori
Menurut Post and Anderson
(2000, p6) Teknologi Informasi mewakili aneka tipe dari perangkat keras dan
piranti lunak yang digunakan dalam sistem informasi, termasuk peralatan
komputer dan jaringannya. dengan TI diharapkan dapat membantu membuat keputusan
lebih baik melalui penyediaan informasi yang berkualitas.
Menurut O'Brien (1997,pp10-11)
peranan sistem informasi dibagi 3 yaitu :
1. Mendukung operasi bisnis
Perusahaan menggunakan sistem informasi yang berbasis
komputer untuk melakukan berbagai kegiatan antara lain untuk mencatat dan
menyimpan data-data pembelian pelanggan, pembelian mesin-mesin baru dan
mengevaluasi tren penjualan.
2. Mendukung Manajemen Dalam Pengambilan Keputusan
Sistem Informasi harus mendukung semua keputusan
manajemen dalam mengambil keputusan.
3. Mendukung Keunggulan Kompetitif Yang Strategis
Strategi dalam informasi yang tepat akan mempermudah
pelayanan kepada pelanggan sehingga dapat menyediakan produk dan jasa yang
strategis, dan akan menambah keuntungan kompetitif bagi perusahaan dibandingkan
dengan pesaingnya.
3. Analisis
Bagi
pihak konsumen, menggunakan E-Commerce dapat membuat waktu berbelanja menjadi
singkat. Tidak ada lagi berlama-lama mengelilingi pusat pertokoan untuk mencari
barang yang diinginkan. Selain itu, harga barang-barang yang dijual melalui
E-Commerce biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur
distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan
dengan toko konvensional. Online shopping menyediakan banyak kemudahan dan
kelebihan jika dibandingkan dengan cara belanja yang konvensional. Selain bisa
menjadi lebih cepat, di internet telah tersedia hampir semua macam barang yang
biasanya dijual secara lengkap. Seperti kasus diatas, membeli makanan tidak
perlu lagi harus mencari atau harus menempuh jarak yang jauh, hanya dengan
menggunakan aplikasi yang tersedia makanan yang dipesan akan datang langsung ke
alamat yang tertera. sehingga tidak perlu menghabiskan waktu untuk pergi
keluar. Harga yang tertera di aplikasi juga berbeda sedikit bila melakukan
pemesanan makanan langsung kerestauran nya. Hanya perlu menambah sedikit
biaya untuk ongkos pengantaran makanan oleh driver Gojeknya saja.
4. Referensi
http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab2/2003-1-20046-SI%20bab%202.pdf
Komentar
Posting Komentar